Selasa, 25 April 2017

CATATAN MATERI AKUNTANSI KE XIV (semester 4)

MATERI:EKUITAS PEMEGANGAN SAHAM MODAL PERSEROAN

1. Perseroan Terbatas adalah suatu badan usaha yang berbentuk badan hukum yang modalnya terbagi atas saham-saham dimana setiap pemegang saham/pemilik (Persero) hanya bertanggung jawab kepada perusahaan secara terbatas sebanyak nilai saham yang dikuasainya.

2. Ekuitas pemegang saham adalah perbedaan antara aktiva dan kewajiban perusahaan.

3. Karakteristik perseroan terbatas adalah sebuah badan hukum, yang dibedakan dan perpisahan dari individu–individu yang mendirikan dan menjalankan organisasi tersebut.
 

4. Sumber modal perseroan terbatas 
   - Modal disetor (paid-in capital)
Modal disetor atau disebut juga modal dikontribusi adalah keseluruhan jumlah kas dan aktiva lainnya yang disetorkan oleh pemegang saham ke dalam perseroan untuk dipertukarkan dengan saham.

  - Laba ditahan
Laba ditahan adalah laba perusahaan perseroan yang tidak dibagikan kepada para pemegang saham.

5. Komponen utama ekuitas pemegang saham
    - Modal disetor, berisi jumlah setoran modal oleh pemegang saham yang dinyatakan dalam nilai nominal saham yang ditertibkan, termasuk deviden saham yang akan dibagikan dan pesanan saham yang dipesan. 

 6. Tambahan modal disetor berasal dari agio/disagio penjualan saham , penjualan saham tresuri , maupun transaksi lain terkait saham seperti dari hak konversi.

7. Saldo laba adalah akumulasi laba yang masih belum dibagikan kepada pemegang saham dari periode ke periode.

8. Saldo laba memiliki saldo normal kredit karena bagian dari owner’s equity. Saldo laba yang negatif atau bersaldo debet, artinya akumulasi rugi bersih yang disebut defisit modal 

9, Hak-hak pemegang saham
    - Hak untuk berpartisipasi dalam pengelolaan melalui pemberian suara atas perkara yang diajukan pada pemegang saham.
    - Hak untuk menerima bagian yang layak dari dividen yang dibagikan. Tiap saham dalam kategori tertentu akan menerima jumlah dividen yang sama.
    - Hak untuk menerima bagian yang sesuai (ber
dasarkan jumlah saham yang dimiliki) atas aktiva yang tersisa, setelah perseroan membayar semua hutangnya pada saat likuidasi.
   - Hak untuk tetap memiliki jumlah kepemilikan dalam perseroan terbatas dalam proporsi yang sama.

10. Kewajiban-kewajiban pemegang saham
     Pemasok tidak berhak menuntut harta pribadi pemegang saham, begitupula kreditor lain, kecuali yang bersangkutan menyertakan jaminan pribadi atau kecurangan atau pelanggaran hukum dalam kontrak perjanjian pinjaman uang. Kewajiban (tanggung jawab) pemegang saham hanya terbatas atas investasi mereka pada peseroan.
 
11. penggolongan saham dalam perseroan terbatas
     - Saham biasa, tanda pemilikan bagi persero dan kalau perseroan tersebut hanya menerbitkan satu jenis saham biasa saja, maka hak para persero untuk setiap lembar mendapatkan hak yang sama. 
    - Saham preferen,  salah satu jenis saham yang dikeluarkan oleh perusahaan selain dari saham biasa.

12. prosedur akuntansi dalam penerbitan saham
    - Dijual atau ditempatkan sama dengan nilai nominal. Penjualan saham dengan harga ini sering disebut dengan penempatan dengan harga pari.
2        - Dijual diatas harga nominal. Penempatan saham dengan harga ini akan menimbulkan keuntungan kepada perusahaan dalam bentuk Agio saham atau Premium
      -  Dijual dengan harga dibawah nilai nominal. Penempatan saham dengan harga ini akan menimbulkan kerugian kepada perusahaan yang disebut dengan Disagio saham atau Discount. 

1  13. Saham tresuri adalah  saham yang diperoleh kembali adalah saham perusahaan yang sudah diterbitkan dan beredar, kemudian dibeli kembali oleh perusahaan. 

1  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar