Rabu, 05 April 2017

CATATAN MATERI AKUNTANSI KE XI (SEMESTER 4)

MATERI: INVESTASI PADA OBLIGASI

1. Surat obligasi merupakan pengakuan hutang pihak yang mengeluarkan pada pihak yang membeli (investor).

2. ciri-ciri obligasi:
   - ada Tanggal jatuh tempo
   - ada Tingkat bunga
   - ada 
Nilai nominal

3. klasifikasi investasi obligasi:
   - Dimiliki hingga jatuh tempo, tempo jika perusahaan bermaksud untuk memiliki obligasi itu              hingga jatuh temponya.
   - Diperdagangkan, Jika perusahaan tidak bermaksud memiliki obligasi hingga jatuh tempo dan            akan menjualnya kembali dalam waktu dekat.
   - Tersedia untuk dijual, Investasi obligasi yang tidak dapat dikelompokkan sebagai dimiliki                 sampai jatuh tempo atau diperdagangkan, harus dikelompokkan sebagai tersedia untuk dijual.

4. Macam-macam obligasi:
   -   Obigasi biasa adalah obligasi yang jatuh tempo pada saat yang sama.
   - obligasi berseri adalah obligasi yang jatuh temponya berurutan dalam periode-periode tertentu.
   - Obligasi yang dijamin berarti member jaminan kepada investor bila perusahaan tidak dapat                   membayar hutangnya.
   - obligasi yang dapat ditukarkan adalah obligasi yang dapat ditukarkan dengan saham.
   - Obligasi atas nama hanya dapat diambil bunganya oleh orang yang namanya terdaftar
   - Obligasi kupon merupakan obligasi yang bebas, juga atas nama. Setiap lembar obligasi disertai          dengan kupon-kupon sebanyak tanggal pembayaran.

5. Penentuan harga obligasi
    Besarnya harga ditentukan oleh tingkat bunga obligasi. Semakin besar bunganya, harga obligasi         semakin tinggi dan sebaliknya semakin kecil bunga obligasinya, semakin rendah harganya.

6. Pencatatan investasi obligasi
     Obligasi yang dibeli untuk tujuan penanaman modal jangka panjang, dicatat dengan harga                    perolehannya yaitu harga beli ditambah semua biaya pembelian seperti komisi, materai, provisi         dan lain-lain.

7. Penjualan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo
    Apabila obligasi yang dimiliki dengan tujuan untuk penanaman modal jangka panjang dijual               sebelum tanggal jatuh temponya maka perhitungan laba atau rugi penjualan didasarkan pada               jumlah uang yang diterima dengan nilai buku obligasi.

8. Pelunasan obligasi sebelum tanggal jatuh tempo
     Obligasi yang dapat dilunasi kembali sebelum tanggal jatuh tempo biasanya dilakukan dengan            member agio kepada pemegang obligasi pada waktu pelunasan itu terjadi akumulasi disagio atau        amortisasi agio.

9. Pertukaran obligasi
    Apabila obligasi yang dimilikiditukarkan dengan surat berharga lain, maka rekening investasi             obligasi ditutup dan dibuka rekening penanaman modal yang baru. 

10. Dana pelunasan obligasi
     Perusahaan yang mengeluarkan obligasi, seringkali harus mengumpulkan dana pelunasan obligasi      agar dapat memenuhi perjanjian pada waktu menjual obligasi. Dana yang terkumpul digunakan          untuk melunasi obligasi pada tanggal jatuh tempo.

11. Dana dan pembatasan laba tidak dibagi
      Laba tidak dibagi dibatasi agar para pemegang saham tidak dapat meminta bagian seluruh saldo         laba tidak dibagi sebagai dividen, hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu jalannya usaha             perusahaan.

12. Jenis obligasi dari yang mengeluarkannya:
       - Obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan
       - Obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah
       - obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah

13. Manfaat pada obligasi
      - Bunga. Adanya bunga yang dibayar secara reguler hingga jatuh tempo dan telah ditetapkan                 dalam persentase dari nilai nominal.
      - Capital gain juga dapat diperoleh jika investor membeli obligasi dengn harga diskon, kemudian            pada saat jatuh tempo investor akan memperoleh pembayaran senilai dengan harga nominalnya.

14. Resiko investasi pada obligasi 
      - Gagal bayar
      - Capital Loss
      - Capability
      - Resiko tingkat suku bunga
      - Resiko inflasi
      
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar