Rabu, 12 April 2017

CATATAN MATERI AKUNTANSI KE XII (SEMESTER 4)

MATERI:Equitas Pemegang Saham Laba Ditahan

1. Laba Ditahan merupakan laba bersih yang tidak didistribusikan kepada para pemegang          saham. 

2. Tujuan laba ditahan:
    - Untuk membiayai operasional perusahaan dalam pencapaian laba yang lebih maksimal.
    - Untuk melunasi hutang yang ada.
    -   Sebagai cadangan dana untuk kebutuhan investasi perusahaan.
    -  Untuk perkembangan perusahaan di masa yang akan datang.

3. Lapora laba ditahan dibagi menjadi dua yaitu: tanpa pencadangan laba ditahan dan  
·                dengan pecadangan yang tidak dicadangkan.

4   4. Kebijakan deviden adalah salah satu fungsi utama seorang manajer keuangan dalam                 membuat keputusan keuangan perusahaan.

     5. Eat adalah laba bersih sesudah pajak 

      6. EAC adalah laba yang tersedia bagi pemegang saham biasa.
     
      7. Deviden memiliki jenis sebagai berikut :
    1. Deviden tunai = Pembayaran biasanya dilakukan dengan segera,sehingga disebut sebagai kewajiban lancar. 

       2, Deviden Property = Hutang deviden dalam bentuk aktiva perusahaan selain kas disebut sebagai deviden property. Ketika deviden property diumumkan perusahaan harus menetapkan kembali nilai wajar property yang akan dibagikan dengan mengakui setiap keuntungan atau kerugian sebagai perbedaan antara nilai wajar dan nilai buku property pada tanggal pengumuman.

      3. Deviden Skrip = Deviden skrip berarti bahwa perusahaan tidak membayar deviden sekarang tetapi memilih membayarnya pada suatu tanggal di masa depan.

        4. Deviden Likuidasi = deviden yang tidak didasarkan pada  laba ditahan/setiap deviden yang tidak didasarkan pada laba merupakan pengurangan modal disetor perusahaan dan sejauh itu merupakan deviden likuidasi.

   5. Deviden Saham= Deviden saham dapat diterbitkan jika manajemen ingin mengkapitalisasi sebagian dari laba.

8. Kebijakan Deviden 
Dividen tetap setiap periode - Dividen yang dibayarkan pada akhir tahun setiap periode walaupun pendapatan berfluktuasi.

Dividen tetap pada tingkat yang lebih rendah - Salah satu faktor yang membuat kebijaksanaan menetapkan dividen tetap pada tingkat yang lebih rendah adalah menghimpun dana dari dalam perusahaan untuk pembiayaan suatu investasi yang baru.

Dividen tetap pada tingkat yang lebih tinggi - Keputusan untuk menetapkan dividen pada tingkat yang lebih tinggi menunjukkan bahwa pendapatan juga sudah stabil pada tingkat yang lebih tinggidan perusahaan tidak membutuhkan kelebihan dana untuk membelanjaipertumbuhan.

Dividen yang berfluktuasi sesuai dengan pendapatan - Dividen tunai yang berfluktuasi sesuai dengan pendapatan kurang disukai oleh investor, karena unsur ketidakpastian akan penghasilan pada periode ini.

Dividen rendah yang teratur ditambah ekstra dividen - Bila tahun ini pendapatan perusahaan baik, akan dideklarasikan ekstra dividen.

Menghapus dividen sama sekali




Tidak ada komentar:

Posting Komentar