Selasa, 11 April 2017

MAKALAH KEWIRAUSAHAAN TENTANG PENGAMBILAN RESIKO

PENGAMBILAN RESIKO

Disusun oleh:
1.     Andry Ferdinand Dito (47215555)
2.     Lestari Noni Cecilia S  (43215813)
3.     Shella Ryana Ananda  (46215531)
Kelas: 2DA02
Mata Kuliah : Kewirausahaan




JURUSAN AKUNTANSI KOMPUTER
PROGRAM DIPLOMA TIGA BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Resiko merupakan informasi, kejadian, kerugian atau pekerjaan yang terjadi sebagai akibat dari keputusan yang di ambil dalam kehidupan sehari-hari. Resiko dapat besifat pasti maupun tidak pasti yang bisa di kalkulasi secara kuantitatif. Kunci untuk mengetahui seberapa besar resiko yang akan Anda hadapi adalah seberepa anda mandapatkan informasi. Semakin sempurna Anda mengetahui seberepa besar resikonya.
Resiko bagi para wirausaha bukanlah sebagai suatu hambatan untuk meraih kesuksesan tetapi dijadikan sebagai suatu tantangan. Wirausaha adalah orang yang lebih menyuka ihal-hal yang menantang untuk lebih mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Pengambilan resiko menurut perspektif wirausaha yaitu dengan mengambil resiko yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Karena seorang wirausaha selalu ingin berhasil mereka menjauhi resiko yang tinggi, dan menghindari resiko yang lebih rendah karena bagi mereka tidak ada tantangan. Dalam pengambilan resiko para wirausaha selalu memperhitungkan matang-matang keputusan yang akan diambil.
Pengambilan resiko berkaitan erat dengan kepercayaan diri. Semakin besar keyakinan pada kemampuan diri sendiri, semakin besar pula keyakinan dalam mempengaruhi hasil dan keputusan, serta semakin siap pula mencoba apa yang menurut orang lain penuh dengan resiko. Yang membedakan seorang wirausaha dengan yang lainnya adalh kesiapan dalam pengambilan resiko. Kebanyakan orang lebih suka berada dalam titik yang aman dan nyaman dengan tidak mengambil hal yang beresiko atau lebih memilih resiko yang lebih rendah. Berbeda dengan wirausaha resiko dijadikan sebagai tantangan untuk mencapai kesuksesan, bukan suatu hambatan yang menjadikan kita gagal
Secara umum, konsep risiko selalu dikaitkan dengan adanya suatu tingkat ketidakpastian pada masa yang akan datang. Secara spesifik, risiko didefinisikan sebagai adanya konsekuensi, sebagaindampak adanya ketidakpastian, yang memunculkan dampak yang menguntungkan tidak dianggap sebagai risiko.
Konsekuensi positif ini dianggap sebagai keuntungan yang diharapkan.

Resiko akan selalu ada dalam kehidupan usaha sehari-hari. Intensitas risiko akan semakin meningkat manakala kita melakukan kegiatan bisnis. Jika ingin mendapatkan hasil/keuntungan yang besar, maka risiko yang dihadapi pun besar juga (high risk, high return). Oleh karenanya, seorang wirausaha tidak dapat dilepaskan dengan bagaimana seorang wirausaha melakukan pengambilan risiko untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Bentuk resiko usaha dapat berupa kerugian finansial dan pengalaman buruk. Dari resiko usaha ini, seorang wirausahawan dapat memperbaiki dengan cara belajar lagi dengan cara yang yang baru, gigih, ulet, dan bekerja keras agar dapat meraih keberhasilan. Adapun karakteristik resiko yaitu sesuatu ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa sehingga menimbulkan kerugian. Resiko selalu terjadi apabila keputusan yang diambil menggunakan kriteria peluang atau kriteria ketidakpastian.

1.2 RUMUSAN MASALAH
1.2.1.  Apakah yang dimaksud dengan resiko?
1.2.2.  Bagaimana pandangan wirausaha mengenai resiko?
1.2.3.  Apakah pengambilan resiko itu sama pengertiannya bagi setiap orang?
                   1.2.4.  Bagaimana resiko dapat dikurangi ?
1.3 TUJUAN
1.3.1. Mengetahui arti resiko
1.3.2. Mengetahui bagaimana pandangan wirausaha mengenai resiko
1.3.3. Mengetahui apakah pengambilan resiko itu sama pengertiannya bagi setiap orang
1.3.4  Mengetahui bagaimana cara mengurangi resiko.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Pengambilan Resiko
Wirausaha sering dikenal sebagai orang yang mampu membuka usahanya sendiri dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Menurut KBBI, wirausahawan merupakan orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkanya. Seorang wirausaha harus mampu menciptkan sesuatu yang berbeda dan mampu menangkap peluang yang ada.
Resiko bagi para wirausaha bukanlah sebagai suatu hambatan untuk meraih kesuksesan tetapi dijadikan sebagai suatu tantangan. Wirausaha adalah orang yang lebih menyukai hal-hal yang menantang untuk lebih mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Pengambilan resiko menurut perspektif wirausaha yaitu dengan mengambil resiko yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Karena seorang wirausaha selalu ingin berhasil menjauhi resiko yang tinggi, dan menghindari resiko yang lebih rendah karena bagi mereka tidak ada tantangan.
Dalam pengambilan resiko para wirausaha selalu memperhitungkan matang-matang keputusan yang akan diambil. Pengambilan resiko berkaitan erat dengan kepercayaan diri. Semakin besar keyakinan pada kemampuan diri sendiri, semakin besar pula keyakinan dalam mempengaruhi hasil dan keputusan, serta semakin siap pula mencoba apa yang menurut orang lain penuh dengan resiko.
Yang membedakan seorang wirausaha dengan yang lainnya adalah kesiapan dalam pengambilan resiko. Kebanyakan orang lebih suka berada dalam titik yang aman dan nyaman dengan tidak mengambil hal yang beresiko atau lebih memilih resiko yang lebih rendah. Berbeda dengan wirausaha, resiko dijadikan sebagai tantangan untuk mencapai kesuksesan, bukan suatu hambatan yang menjadikan kita gagal.
Anak muda sering dikatakan selalu menyenangi tantangan. Mereka tidak takut mati. Inilah salah satu faktor pendorong anak muda menyenangi olah raga yang penuh dengan resiko dan tantangan, seperti balap motor di jalan raya, balap mobil milik orang tuanya. Tetapi, contoh-contoh tersebut dalam arti negatif. Olahraga beresiko yang positif ialah panjat tebing, mendaki gunung, arum jeram karate atau olah raga bela diri dan sebagainya.
Ciri-ciri dan watak seperti ini dibawa ke dalam wirausaha yang juga penuh resiko dan tantangan, seperti persaingan, harga turun naik, barang tidak laku dan sebagainya. Namun semua tantangan ini harus dilakukan dengan penuh perhitungan. Jika perhitungan sudah matang, membuat pertimbangan dari segala macam segi, maka berjalanlah terus dengan tidak lupa berlindung kepada-Nya.

B.       Berani mengambil resiko
Risiko itu ada bilamana waktu yang akan datang (future) tidak diketahui (uknown). Jadi, dengan perkataan lain resiko itu ada bila ada ketidakpastian (uncertainty). Berhubungan akibat daripada resiko itu sangat tidak kita kehendaki, maka setiap orang akan bertindak sebgai risk manager, bukan karena dipilih tetapi karena terpaksa. Berhubung resiko itu banyak ragamnya, dalam tahap ini akan dibahas terutama resiko yang dihadapi oleh business firm dan selanjutnya resiko yang dihadapi oleh keluarga. Beberapa jenis resiko:
1.      Objective risk                :      ialah resiko yang terjadi secara alami (nature) yang sama bagi semua orang dan cara mengatasinya pun sama.
2.      Subjective risk              :      adalah resiko yang diperkirakan akan terjadi oleh setiap orang sebagai akibat objective risk.
3.      Uncertainty                  :      adalah kesadaran orang akan adanya resiko dalam situasi tertentu, tetapi sulit untuk memperkirakan mana dari sekian akibat atau hasil yang akan terjadi. Tidak seperti halnya kemungkinan, ketidakpastian ini tidak dapat diukur dengan alat apa pun yang dapat diterima.





Reaksi terhadap resiko; adalah reaksi seseorang atau tindakan seorang dalam situasi yang tidak pasti. Reaksi ini antara lain disebabkan karena ketidakpastian ini. Reaksi orang terhadap resiko tidak sama, tergantung pada hal yang berikut:
a.       Jenis kelamin
b.      Pendidikan
c.       Umur
d.      Intelegensi
e.       Kondisi ekonomi
Kerugian potensial dalam sistem yang mengandung resiko dapat digolongkan ke dalam bidang: ekonomil, sosial, politik dan psikologi, fisik, legal atau kombinasi dari semuanya. Three Classes of Economic Risk:
1.      Pure speculative risk (A. H. Mowbray)
Pure risk terjadi bila kemungkinan rugi ada tetapi kemungkinan yang menguntungkan tidak ada. Contoh: kecelakaan pada mobil
Speculative risk, timbul bila kesempatan adanya rugi maupun untung (gain) sama-sama ada. Contoh: dalam ekspansi perusahaan.
2.      static or dynamic risk (A. H. Willet)
static risk, selalu dihubungkan dengan kerugian yang disebabkan irregular actionkarena peristiwa alam atau karena kesalahan dari human being (manusia). Statistic losses, biasanya menyebabkan kerugian pada masyarakat dalam periode tertentu dan pengaruhnya terhadap individual selalu berupa pure risk.
Dinamic risk, biasanya dihubungkan dengan perubahan kehendak manusia. Contoh: umpamanya ada perkembangan machinery dan organisasi.
3.      Fundamental or particular risk (C. A. Kulp)
Fundamental risk, adalah resiko yang dihubungkan dengan adanya uncertainty, ketidakcermatan, bencana alam. Particular risk, adalah resiko yang sifatnya personal yang kadang-kadang dapat dicegah, seperti kehilangan pekerjaan. Sedangkan fundamental risk.


Risk managemen procces terdiri dari lima langkah sebagai berikut:
1.      Harus adanya pembinaan prosedur dan komunikasi dalam organisasi secara baik, supaya dapat menyusun serta menemukan kemungkinan adanya resiko yang akan terjadi.
2.      Selalu melakukan identifikasi pada risk. Pengukuran kerugian ini mencakup:
a.       Penetapan probilitas pada kerubian yang akan terjadi
b.      Penetapan pengaruh terhadap aspej fiansial
c.       Kemampuan memperkirakan (predicting)
3.      Pengambilan keputusan (decision maker), keputusan mana yang diangga paling baik dan paling tepat untuk mengatasi masalah, dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:
a.       Avoiding the risk
b.      Reducng the loss
c.       Transfering the risk
d.      Retaining the risk internally (risk retention)
4.      Implementasi daripada metode yang sudah dipilih
5.      Evalusi terhadap keputusan yang telah diambil.
Kemauan dan kemampuan untuk mengambil resiko menempatkan salah satu nilai utama dalam kewirausahaan. Wirausaha yang tidak mau megambil resiko akan sukar memulai atau berinisiatif. Menurut Angelita S. Bajaro, “seorang wirausaha yang berani menanggung resiko ialah orang yang selalu ingin jadi pemenang dan memenangkan dengan cara yang baik.” Wirausaha ialah orang yang lebih menyukai usaha-usaha yang lebih menantang untuk mencapai kesuksesan atau kegagalan ketimbang usaha yang kurang menantang. Oleh sebab itu, wirausaha kurang menyukai resiko yang terlalu rendah atau yang terlalu tinggi. Wirausaha akan menyukai resiko yang paling seimbang (moderat). Dengan demikian, keberanian untuk menanggung resiko yang menjadi nilai kewirausahaan adalah pengambilan resiko yang penuh dengan perhitungan dan realistik.
Bahwa pengambil resiko berkaitan dengan kepercayaan diri sendiri. Artinya, semakin besar keyakinan seorang kepada kemampuan sendiri, semakin besar keyakinan orang tersebut akan kesanggupan untuk mempengaruhi hasil dan keputusan. Dan semakin besar pula kesediaan seseorang untuk mencoba apa yang menurut orang lain sebagai resiko. Oleh sebab itu, pengambil resiko ditemukan pada orang-orang yang inovatif dan kreatif yang merupakan bagian terpenting dari perilaku kewirausahaan.
Dalam perusahaan besar, manajemen senior biasanya mengambil keputusan data dan dokumentasi perusahaan yang terdapat dalam survei, laporan dan anjungan komite. Informasi ini, biasanya telah dihimpun dengan cara yang baku, sesuai dengan teknik-teknik pemecahan persoalan. Sebuah persoalan utama dapat dibagi-bagi sehingga sebagian daripadanya dapat dipecahkan dengan segera. Biasanya karena ada kebutuhan mendesak yang hasilnya cukup pasti. Biasanya keputusan dicapai melalui prosedur tetap, yang dimengerti dengan baik oleh manajemen, dan mungjin ini hasil musyawarah karena banyak orang yang bersedia memikul tanggung jawab pribadi atas keputusan tadi.

C.    Mengambil Risiko dalam Peluang Usaha
Seorang wirausahawan adalah penentu risiko dan bukan penanggung risiko. Ducker mengatakan bahwa ketika wirausawan menetapkan sebuah keputusan, sudah memahami secara sadar risiko yanga bakal di hadapinya. Selanjutnya wirausaha tersebut akan memperkecil risiko - risiko itu. Dalam hal ini,penerapan inovasi dalam usaha merupakan usaha yang kreatif untuk memperkecil kemungkinan terjadinya risiko. Dalam berwirausaha praktiknya penuh risiko. seperti adanya persaingan, harga turun naik, barang tidak laku dijual,serta adanya resesi dan inflasi.

D.     Pengambilan Resiko Karakretistik Entrepreuner
Ada tujuh ciri-ciri seorag wirausahawan menurut Meredith ( 1996 ) adalah harus memiliki percaya diri, berorientasikan tugas dan hasil, pengambil resiko, kepemimpinan, keorisinilan, berorientasi ke masa depan, jujur dan tekun. Sementara menurut Kuratko dan Hodgetts menyebutkan ada sembilan karakteristik dari entrepreneur, yaitu:
1.      Entrepreneur adalah pelaku
2.      Entrepreneur itu dilahirkan, bukan di buat atau diciptakan
3.      Entrepreneur selalu menjadi penemu atau pencipta sesuatu
4.      Entrepreneur adalah akademis
5.      Entrepreneur harus memenuhi the profile
6.      Kebutuhan entrepreneur adalah keberuntungan
7.      Ketidak tahuan merupakan keberuntungan bagi entepreniur
8.      Entrepreneur menginginkan keberhasilan dan pengalaman menyatakan tingkat kegagalan cukup tinggi
9.      Entrepreneur adalah seorang pengambil resiko
Wirausaha sukses harus cermat dalam mengkalkulasi resiko, Kecermatan, ketelitian, kehati-hatian merupakan suatu sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Penggabungan dari ketiga sifat diatas memberi dampak yang positif untuk kemajuan usaha dimasa datang. Seorang wirausaha harus bisa mengkalkulasikan hal-hal yang menghambat pada kemajuan usahanya, meskipun hal yang peling kecil sekalipun. Ia tidak boleh ceroboh dalam mengambil sikap maupun mengambil suatu keputusan, apalagi dianggap sepeleh, karena itu semua juga akan menghambat perkembangan bisnis dan juga harus tetap mengontrol emosi.

E.      RISIKO DAN KETIDAKPASTIAN
Ketika anda terjun ke dunia usaha, Anda juga harus siap menghadapi segala bentuk perubahan, kejadian dan hal-hal yang penuh ketidakpastian. Inilah perbedaan yang paling mendasar antara belajar di  sekolah, yang penuh teori dankepastian, dengan berwirausaha,yang penuh dengan hal-hal yang tidak pasti dan berisiko
1.      Ketidakpastian (Unexpected risk)
Ketikdakpastian selalu berhubungan dengan keadaan yang memiliki beberapa kemungkinan kejadian dan dampaknya. Ketidakpastian (uncertainty) sering di sebut “unexpected risk” atau risiko tak terduga dari sebuah kejadian.





Ketidakpastian yang bila terjadi akan menimbulkan kerugian Ada beberapa penyebab kegagalan usaha :
·         Perencanaan yang kurang matang
·         Kurangnya modal
·         Bakat yang tidak cocok
·         Kurang pengalaman
·         Lemahnya pemasaran
·         Tidak mempunyai semangat berwirausaha
·         Tidak mempunyai etos kerja yang tinggi

Ciri-ciri risiko dari ketidakpastian adalah:
·         Tidak bisadi duga sebelumnya.
·         Sulit di rencanakan.
·         Bersifat tiba-tiba.
·          Biasa digolongkan “force majeure”(bencana alam).

2.      Risiko ( expected risk)
Risiko merupakan informasi, kejadian,kerugian atau pekerjaanyamg terjadi sebagai akibat dari keputusan yang di ambil dalam kehidupan sehari-hari. Risiko dapat besifat pasti maupun tidak pasti yang bisa di kalkulasi secara kuantitatif.Kunci untuk mengetahui seberapa besar risiko yang akan Anda hadapivadalah seberepa nda mandapatkan informasi.Semakin sempurna Anda mengetahui seberepa besar risikonya.

F.      KLASIFIKASI RISIKO USAHA
Secara umum, risiko usaha dapat diklasifikasikan sebagai berikut.
1.      Risiko Murni
Risiko murni adalah risiko yang menyebabkan kerugian dan tidak mungkin menimbulkan keuntungan. Risiko mutni menjadi karena ketidaksengajaan dan tidak dapat diecgah.
2.      Risiko Spekularif
Risiko sprkulatif adalah risiko yang diambil secara sengaja atau sadar oleh seorang wirausaha dan memiliki dua kemungkinan hasil, yaitu keuntungan atau kerugian.

Berdasarkan jenis dampaknya, resiko usaha bisa diklasifikasikan sebagai berikut.
·         Risiko Sistematik
Risiko sistematik adalah risiko yang mampunyai dampak lebih komleks dibandingkan risiko murni dan risiko spualatif.
·         Risiko spesifik
Risiko spesifik adalah risiko yang memiliki dampak khusus dan tidak dapat dihindari tetapi bisa diminimalisasi tingkat risikonya.

G.     JENIS-JENIS RISIKO USAHA
Dalam kondisi yang penuh ketidakpastian dan ketatnya persaingan usaha, Anda tidak mungkin menghindari risiko. Salah satu cara yang efektif dan efesien dalam menghadapi risiko adalah dengan negenali jenis-jenis risiko itu sendiri.
Jenis-jenis risiko yang sering erjadi dalam dunia usaha dan berwirausaha adalah sebagai berikut.
1.      Risiko perusahaan
Risiko perusahaan adalah risiko yang terjadi pada usaha Anda yang akan berdampak pada kelangsungan hidup atau saham perusahaan Anda.
2.      Risiko Keuangan
   Risiko keuangan adalah risiko yang berdampak kerugian pada aspek keuangan perusahaan.
3.      Risiko Likuiditas (ketersediaan uang tunai)
Risiko likuiditas terjadi ketika ada tagihan mecet dari pelanggan yang menyebabkan alam ketersediaan uang tunai (likuiditas) perusahaan. Hal ini bisa berdampak pada kerugian tingkat suku bunga dan kesulitan dalam membayar gaji karyawan.
4.      Risiko Permodalan
Risko permodalan adalah risiko yang terjadi karena kerugian,penjualan,likuiditas,dan keuangan yang membuat  modal usaha Anda mengalami penurunan yang signifikan (rugi besar). Hal ini harus segera diatasi dengan meneliti dan mengevaluasi faktor penyebabnya.
5.      Risiko Pasar
Risiko pasar, yaitu risiko yang terjadi akibat persaingan usaha, perubahan pola persaingan, daya hidup pelanggan,maupun munculnya pesaing baru yang potensial di pasarproduk Anda.



6.      Risiko operasional
Risiko operasional adalah risiko dari penyimpangan hasil yang di prediksikan karena tidak sempurnanya penerapan keputusan, perubahan sistem, SDM, tegnolovasi,  produktivitas, inovasi, proses dan mutu produk.
7.       Menurut sifat
·         Resiko Murni
Yaitu resiko yang terjadi pasti akan menimbulkan kerugian dan terjadinya tanpa sengaja.
Misalnya : kebakaran, bencana alam, pencurian dan sebagainya
·         Resiko Spekulatif
Yaitu resiko yang sengaja ditimbulkan oleh yang bersangkutan agar memberikan keuntungan bagi pihak tertentu.
Misalnya :utang piutang, perdagangan berjangka, dan sebagainya
·         Resiko Fundamental
Yaitu resiko yang penyebabnya tidak dapat dilimpahkan kepada seseorang dan yang menderita cukup banyak.
Misalnya : banjir, angin topan, dan sebagainya.

H.    KLASIFIKASI RANG DALAM MENGHADAPI RISIKO USAHA
Berdasarkan cara pandang dan menghadapi risiko,setiap orang wirausaha dapatdiklasifikasikan sebagai berikut.
1.      Risk avoidar
Risk avoider adalah orang yang tidak senang menghadapirisiko bahkan cenderung menghindari risiko.
2.      Risk Calculator
Risk calculator adalah orang yang berani mengambil keputusan bila risiko atau dampaknya bisa dikalkulasikan (dihitung berapa tingkat kerugiannya).
3.      Risk Taker
Risk taker adalah orang yang berani dan mampu mengambil keputusan dengan mengukur risiko secara intuitif saja. Para risk taker ini sering disebut speculator atau gambler.


I.       CARA MENGINDENTIFIKASI RISIKO USAHA
Seorang wirausaha perlu mengindentifikasi risiko agar meminimalkan dampak yang terjadi. Cara mengindentifikasi risiko adalah sebagai berikut.
1.      Metode Analisa Dari Pengalaman dan Sejarah
Gunakan informasi dan data yang ada untuk menganalisa risiko yang akan terjadi di kemudian hari. aontoh:
a.   Informasi keluhan pelanggan
b.   Informasi kecacatan produk
c.   Informasi track record SDM (rekam jejak karyawan)
d.   Informasi pertumbuhan penjualan.

2.      Metode Pengamatan dan Survei
Dengan melakukan pengamatan survie, akan di peroleh informasi tentang hal yang diinginkan . Contoh:
a.   Pengamatan dan survie tingkat kebutuhan pasar.
b.   Pengamatan dan survie tentang ketidakpuasan pelanggan.
c.   Pengamatan dan survie untuk menemukan produk baru.
d.   Pengamatan dan survie gaya hidup pelanggan .
e.   Pengamatan dan survie lokasiberdirinya pabrik dan lingkungan.

3.      Metode Acuan
Metode acuan sering digunakan n ancamandalam menemukan kelemahan, peluang, hambatan, kekuatan, dan ancaman sehingga wirausaha tahu apakah produk,srategi, dan mutunya telah sesuai dengan pasar. Acuan yang digunakan adalah acuan  yang bersifat trategis, yaitu pemimpin pasar atau produk unggalan.

J.      MENGATASI DAN MEMPERKECIL RISIKO USAHA
Salah satu faktor sukses berwirausaha adalah mengatasi dan memperkecil risiko. Cara mengatasi dan memperkecil risiko adalah sebagai berikut.
1.      Gunakan pengetahuan Anda untuk mengetahui dampak atau risiko yang akan terjadi.
2.      Manfaatkan pengalaman yang Anda miliki.
3.       Berpikir kreatif dan inovatif  dan yakinlah bahwa segala sesuatu pasti ada penyelesaiannya.
4.       Asurasikan apa yang perlu diasurasikan.
5.      Bekerja dan berpikir prestatif, yang merupakan faktor pendorong untuk mendapatkan pengetahuan baru melalui”problem and experiential based learning”(Belajar dari masalah dan pengalaman).
6.      Keahlian menganalisa, menelaah, menilai, dan menguraikan sebab akibat serta keyakinan diri  untuk mengambil risiko.
7.      Mengubah keadaan yang bisa menimbulkan risiko menjadi keadaan yang lebih baik dan berisiko kecik.
8.      Proaktif dan antisipatif, adalah kunci penting dalam mengelolahrisiko

K.    UPAYA UNTUK MENGATASI RESIKOUSAHA
1.      Manajer atau wirausaha menambah pengetahuan tentang:
-          Ketrampilan teknis, terutama yang berkaitan dengan proses produksi yang   dihasilkan. Misalkan yang semula dengan teknologi tradisional diganti dengan teknologi tepat guna/modern
-          Ketrampilan mengorganisasi yaitu kemampuan meramu yang tepat dari faktor produksi dalam usaha mencakup SDM, SDA, modal . Ibarat membuat kue, bagaimana agar rasanya enak, murah dan disenangi pembeli.
-          Ketrampilan memimpin yaitu kemampuan untuk mencapai tujuan usaha dikerjakan dengan baik dan serasi oleh semua orang yang ada pada organisasi. Untuk itu setiap pimpinan dituntut membuat konsep kerja.
-          Membuat strategi usaha yang terarah untuk masa depan, yang meliputi strategi produksi, strategi keuangan, strategi SDM, strategi operasional, strategi pemasaran, strategi penelitian dan pengembangan.
-          Mengalihkan kerugian pada perusahaan asuransi, dengan konsekuensi setiap saat harus membayar premi yang merupakan pengeluaran tetap.

2.      Resiko Pasar
Resiko ini terjadi akibat produk yang dihasilkan kurang laku atau tidak laku di pasaran.
-          Faktor penyebab :
·         Kesalahan dalam mengidentifikasi pasar
·         Kesalahan dalam mengetahui kebutuhan pelangan dalam pasar yang dipilih
·         Kegagalan dalam memprediksi perubahan pasar
·         Kesalahan dalam memperhitungkan secara makro
·         Kegagalan dalam memprediksi siklus pasar
-          Upaya yang ditempuh:
·         Mengadakan inovasi yaitu membuat desain baru dari produk yang      disenangi calon pembeli. Misal budidaya lele dumbo
·         Mengadakan penelitian pasar dan memperoleh informasi pasar secara  berkesinambungan.
3.      Resiko Kredit
Resiko yang ditanggung kreditor akibat debitor tidak membayar pinjaman sesuai waktu yang telah disepakati.
-          Faktor penyebab:
·         Sering terjadi produsen menaruh produknya terlebih dahulu dan dibayar kemudian
·         Deditor meminjam uang untuk usaha tetapi usahanya gagal akibatnya timbul kredit macet, Upaya yang ditempuh:
a.       Berikan kredit pada seseorang yang minimal memenuhi syarat sebagai berikut:
o   Dapat dipercaya yaitu watak dan reputasinya
o   Kemampuan untuk membayar, hal ini dapat dilihat dari                 kemampuan/hasil yang diperoleh dari usahanya
o   Kemampuan modal sendiri yang ditempatkan dalam usaha sehingga merupakan net personal assets
o   Jangan memberikan pinjaman yang terlalu besar sambil mengevaluasi kredibilitas debitor
b.      Memperlihatkan pengelolaan dana debitor bila yang bersangkutan memiliki perusahaan.
  







4.      Resiko Alam
Resiko ini di luar pengetahuan/ jangkauan manusia, misal gempa bumi, banjir, angin topan, kemarau panjang. Kemungkinan – kemungkinan bertahannya seorang wirausahawan tetap hidup dalam menghadapi resiko terburuk antara lain :
-          Memperbaiki usaha :
Memperbaiki tampilan, mengganti nama, mengganti personil, melengkapi alat-alat, mengganti strategi pemasaran, memperbaiki cara produksi/cara kerja.

-          Melakukan alih usaha :
Berpindah dari usaha satu ke usaha lainnya yang memungkinkan, misalnya dari bengkel umum ke bengkel khusus, pabrik bata ke pabrik genting, produksi tahu ke susu kedelai, warung bakso ke warung makan, penerbit ke percetakan, dsb.

-          Pindah alamat :
Bisa jadi suatu usaha tidak / kurang berhasil karena faktor tempat yang kurang strategis, atau karena di dekatnya ada usaha sejenis yang lebih besar

-          Mencari investor untuk berinvestasi :
Mencari orang yang memiliki dana untuk menginvestasika uangnya dengan kompensasi tertentu, misal dengan bagi hasil

-          Meminta pihak lain untuk mengakuisisi :
Meminta pihak lain untuk membeli sebagian besar saham dengan konsekuensi otoritas pengendalian usaha akan beralih kepihak lain. laku di pasaran.

L.   TIPOLOGI PENGAMBILAN RESIKO PADA TINGKAT MANAJEMEN
1.      Pada tingkat bawah :
Perusahaan membutuhkan pekerja-pekerja yang terampil dalam melaksanakan hal-hal yang rutin dan mempunyai sedikit resiko.Mereka akan membawa kestabilan perusahaan.
2.      Pada tingkat menengah :
Manajer harus dapat lebih banyak kebebasan untuk berinovasi dan membuat
perubahan-perubahan kecil dalam prosedur dan fungsi. Orang-orang yang berada di sini dianggap sebagai pengambil resiko.
3.    Pada tingkat atas :
Mereka harus mempunyai kemampuan untuk merumuskan dan menerapkan ide-ide kreatif agar berhasil dalam bisnis dan mewujudkan ide-ide mereka menjadi kenyataan.
Manajemen. Pengertian manajemen menurut Prof. Die Liang Lee, adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Fungsi manajemen:
-          Perencanaan
-           Pengorganisasian
-          Penggerakan
-          Pengawasan
Contingency planning [perencanaan peristiwa tak terduga] merupakan cara untuk mengatasi resiko tertinggal adalah membuat rencana untuk peristiwa tak terduga rencana yang belum terjadi selain itu dengan memikirkan kemungkinan pemecahan sebelum terjadi dengan menerapkan pendekatan rasional secara lebih baik pada rencana tersebut maupun akibat yang dihasilkan. Pengembangan produk sering kali dimulai dengan ‘ hanya sebuah gagasan’ yang dapat datang dari sejumlah sumber antara lain:
-          Permintaan pasar
-          Riset pasar
-           Kemampuan teknologi baru
-          Analisis terarah dari jajaran produk yang pernah dianalisikesenjangannya
terkait ini dapat dikendalikan? Yaitu dengan mengambil pendekatan berfase artinya membatasi komitmen pada waktu tertentu dan pengembangan hanya berlanjut bila resiko yang dinilai untuk fase berikut sebanding dengan jumlah yang akan terkena resiko. Fase tersebut dapat dipandang dari berbagai sudut yaitu:
-           Aktivitas para pengembang
-          Definisi konsep
-          Evaluasi
-           Spesifikasi
-          Desain dan pengembangan produk
-           Produksi
-          Peluncuran produk
-   Saat dipasarkan.
4.     Tahap perencanaan resiko
Petunjuk mengenai tahap perencanaan resiko:
v  Kenali sumber resiko
Mengidentifikasi sebanyak mungkin sumber resiko Membentuk tim kerja Adakan pembahasan dengan sumbang saran Pertimbangkan hati-hati susunan tim yang wajar agar pembahasan lebih efektif Sumber potensial dikelola Carilah seseorang yang trampil menemukan apa-apa
v  Hindari resiko
Hal-hal yang dapat mencegah sunber resiko secara potensial adalah: Pertimbangkan bagaimana potensi resiko dapat dibicarakan Gunakan tenaga ahli untuk pembicaraan Carilah pengalaman baru dalam menangani masalah Pertimbangkan bagaimana resiko dapat dipindahkan Berilah imbalan kepada para ahli yang membantu memecahkan masalah
v  Kendalikan manajemen
Pengendalian yang baik diperlukan dalam kasus apapun dan pimpinan
bersama staf harus memonitor kemajuan teknik proyek setiap waktu untuk menemukan masalah sedini mungkin, sehingga dapat mengadakan perbaikan
v  Asuransikan beberapa resiko misalnya kegagalan pemasok dan kerusakan pada peralatan kritis. Kelayakan produk atau asuransi jaminan profesi atau garansi pemerintah yang dapat dipakai untuk mengurangi finansialexposure akibat ulah pelanggan yang ada di Negara lain.
v  Resiko yang tertinggal.
Kemungkinan resiko yang dulu terjadi lagi sasarannya.
v  Perencanaan scenario
Teknik ini dilakukan dengan melihat bahaya yang mungkin terjadi atau scenario alternative dari faktor yang menyebabkan ketidakpastian. Setelah itu lalu merencanakan setiap scenario dilakukan secara mendetail.

J.    EVALUASI RESIKO
Beberapa upaya agar berhasil [efektif] dalam usaha mengurangi waktu meliputi hal-hal berikut:
Ø  Kumpulkan sedini mungkin sebuah tim inti untuk memelihara visi sasaran yang konsisten
Ø  Pastikan jenis aktivitas yang berlainan
Ø  Tentukan informasi yang diambil dari aktivitas awal oleh tim atau bagian lain yang memerlukan informasi untuk aktivitas berikutnya
Ø  Dukung penggunaan informasi parsial yaitu komunikasi yang efisien dan terbuka dengan kepercayaan yang tinggi dan memungkinkan orang untuk memulai aktifitas, sebelum tugas utama benar-benar selesai
Ø  Pastikan bahwa prosedur persetujuan fase beroperasi dengan lancar dan cepat Perkuat tim pengembangan untuk sebanyak mungkin keputusan tidak harus keluar dari tim Terapkan pengembangan bertahap ( incremental development ) bila memungkinkan

BAB III
PENUTUP
A.   KESIMPULAN
Dalam kondisi yang penuh ketidak pastian dan ketatnya persaingan usaha, Anda tidak mungkin menghindari risiko. Salah satu cara yang efektif dan efesien dalam menghadapi risiko adalah dengan negenali jenis-jenis risiko itu sendiri.
1.    Di dalam berwira usaha kita harus memperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan munculnya risiko usaha
2.    Seorang wirausaha perlu mengindentifikasi risiko agar meminimalkan dampak yang terjadi nantinya misalnya metode Analisa Dari Pengalaman dan Metode Pengamatan dan Survei

B.   SARAN
Berdasarkan kesimpulan mengambil resiko usaha di atas tersebut diatas, maka dapat di sarangkan senbagai berikut.
1.    Tentukan tujuan dan sasaran (visi dan misi) Anda ketika menghadapi suatu permasalahan.
2.    Carilah kemungkinan adanya alternatif lain dari risiko yang akan terjadi.
3.    Pikiran risiko lain yang bisa muncul berdasarkan tabel perbadingan sebab akibat.
4.    Kumpulkan semua informasi yang bisa Anda peroleh sebagai bahan pertimbangan.
5.    Tanya terlebih dahulu kepada pakar atau ahli tentang hal ini sebelum mengambil keputusan.
6.    Putuskan dan yakinlah bahwa Anda telah menyusun rencana Anda dengan sangat baik.

            REFRENSI:






















       

3.     

1 komentar: