Sabtu, 01 Oktober 2016

CATATAN MATERI AKUNTANSI KEUANGAN KE I

AKUNTANSI KEUANGAN DAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN

Sebagai mahasiswa jurusan akuntansi, pasti istilah akuntansi keuangan dan standar akuntamsi keuangan sering kita dengar. Namun sebelum masuk pada penjelasan mengenai akuntansi keuangan dan standar akuntansi keuangan, terlebih dahulu saya akan memberikan penjelasan apakah itu yang dimaksud dengan akuntansi? mengapa akuntansi itu penting? dan apa sajakah yang ada didalam akuntansi secara garis besar? check this out :)
  • Akuntasi aalah suatu aktivitas dalam mengukur, mengidentifikasi kas dalam sebuah aktivitas ekonomi yang berupa transaksi keuangan.
  • Akuntansi disebut penting karena dengan ilmu-ilmu yang ada dalam akuntansi, seseorang dapat mengambil keputusan ekonomi, membantu manajemen dalam tugas pengawas dan perencanaan.
  • Lalu yang ada didalam akuntansi secara garis besar itu adalah tentang pengukuran, pencatatan dan penggolongan serta peringkasan. Intinya akuntansi itu mempelajari tentang bagaimana cara mengukur suatu transaksi, menggolongkan transaksi tersebut masuk kedalam transasksi apa serta meringkas transaksi-transaksi tersebut menjadi sebuah laporan keuangan yang bisa dipertanggungjawabkan.
A. AKUNTANSI KEUANGAN
Nah, lalu bagaimana dengan akuntansi keuangan? akuntansi keuangan itu ialah berhubungan dengan penyajian laporan keuangan kepada pihak eksternal maupun internal. Ada neraca, labarugi, perubahan modal dan arus kas.

Kita juga perlu mengetahui sebenarnya siapa aja yang membutuhkan laporan keuangan. Ini terbagi menjadi dua pihak yakni pihak eksternal dan phak internal.
  • Pihak eksternal itu ialah pemegang saham, investor, kreditur, supplier dan pemerintah. Pemegang saham itu ialah yang punya kendali umtuk menilai perusahaan. Investor butuh informasi data keuangan untuk meyakinkan mereka apakah mereka patut untuk menginvestasikan dana mereka ke perusahaan tersebut. Kreditur itu menilai perusahaan dalam membayar gaji, supplier untuk menyuplai barang mereka ke perusahaan, pemerintah itu untuk menetapkan pajak dan data statistik penetapan hasil.
  • Pihak internal itu ada manajemen yang punya kendali terhadap sistem akuntansi.
Selain itu juga terdapat fungsi utama akuntansi keuangan. Fungsi utamanya itu adalah:
  • memberi informasi tentang keuangan perseorangan
  • mengetahui dan menghitung laba yang diperoleh
  • membantu mencapai target yang telah ditentukan
  • mengawasi kegiatan perusahaan
Didalam pembahasan tentang akuntansi keuangan kita juga melihat adalnya istilah laporan keuangan. Apakah laporan keuangan itu? Laporan keuangan adalah hasil dari kegiatan akuntansi yang berguna bagi pihak eksternal maupun pihak internal.

Jenisnya itu ada neraca, laporanlaba rugi, laporan perubahan modal.

Tujuannya itu untuk memenuhi kebutuhan bersama, memberi informasi tentang keuangan dan laporan keuangan apa saja yang telah dilakukan.


B. STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN
Standar akuntansi keuangan itu ialah suatu metode atau format baku dalam penyajian suatu informasi keuangan yang disahkan oleh lembaga resemi namanya standar setting body (lembaga yang menyusun dan mengesahkan SAK)

Standar akuntansi keuangan memiliki standar yakni:

  • untuk keseragaman laporan keuangab
  • untuk menyusun laporan keuangan
  • untuk memudahkan auditor
  • untuk memudahkan membaca laporan keuangan
Ada juga 4 pilar standar akuntasi:
  1. Standar akuntansi keuangan. yaitu suatu badan yang punya akuntan militas publik. tujuannya untuk memberi info yang relevan buat pengguna laporan keuangan.
  2. SAK ekuitas publik. yaitu suatu badan yang tidak mempunyai akuntan miliaspublik dan biasa diprioritaskan untuk usaha kecil dan menengah.
  3. SAK syariah. yaitu lebih mengkhususkan kepada badan usaha yang memiliki kaitan dengan Islam atau berbasis syariah contohnya bank syariah, pegadaian syariah
  4. SAK pemerintah, yaitu disusun mengacu pada standar akuntansi pemerintahan. Peraturan pemerintah yang diterapkan untuk pemerintah nyusun laporan keuangan pemerintah pusat dan daerah.
  • Sak berbasis akrual: metode pencatatan yang dicatat sesuai konsep pengakuan yang sesungguhnya.
  • SAK berbasis kas : berdasarkan nominal yang diterima.

Sekian penjelasan menganai akuntasi keuangan. Terimakasih :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar