Sabtu, 24 Oktober 2015

ilmu alamiah dasar 2

ILMU ALAMIAH DASAR, LINGKUNGAN & MANAJEMEN

1. Hubungan Ilmu Alamiah Dasar dengan Manajemen
Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Sedangkan manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan,mengorganisasi,mengarahkan,mengkoordinasi,serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Jadi sebenarnya IAD adalah dasar dari segala sumber ilmu. Karena yang dipelajari didalam IAD adalah tentang kehidupan kita sebagai manusia.Sedangkan manjemen maksudnya adalah memanage sebuah perusahaan, atau sebuah organisasi agar mencapai tujuan sesuai yang diharapkan.Untuk bias seseorang memanage dengan baik dibutuhkan dasar-dasar berpikir  yang baik, cara pandang yang luas, tanggung jawab dan pengetahuan yang memadai. Maka dari itu dalam hal ini diperlukan adanya IAD agar orang tersebut dapat melakukan tugasnya sebagai manajer yang baik.Karena yang dipelajaridalam IAD ialah tentang manusia, alam dan sifat dari manusia itu sendiri.

2.   Lingkungan (sistem manajemenlingkungan)
Pengertian system manajemen lingkungan menurut ISO 14001 : 2004 merupakan suatu system manajemen pengelolaan lingkungan yang telah diakui secara internasional dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Sertifikat di bawah koordinasi Organisasi Standar Internasional (ISO : International Organization For Standardization). Sistem Manajemen Lingkungan atau Environment Management System (EMS) adalah bagian dari keseluruhan system manajemen yang meliputi struktur organisasi, rencana kegiatan, tanggung jawab, latihan atau praktek, prosedur, proses dan sumber daya untuk pengembangan, penerapan, evaluasi dan pemeliharaan kebijakan lingkungan. (ISO 14001, 1996).
Manajemen Lingkungan merupakan system pengelolaan yang dinamis, sehingga perlu adaptasi bila terjadi perusahaan di perusahaan yang mencakup sumber daya, proses dan kegiatan perusahaan.
Berbagai manfaat dapat diperoleh bila menerapkan ISO 14001, yang sekaligus dapat dianggap sebagai keuntungan dari manajemen lingkungan adalah sebagai berikut
·         Perlindungan lingkungan.
·         Keuntungan ekonomi misalnya dalam suatu perusahaan, khususnya pemegang saham, nilai perusahaan yang memiliki manajemen lingkungan yang baik
·     Untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan lebih jauh selama ada indikator-indikator yang kreatif dalam perusahaan yang diperbolehkan menyatakan ide-ide mereka

3. Pentingnya Ilmu Alamiah Dasar Untuk Dipelajari
Tujuan adanya pelajran Ilmu Alamiah dasar adalah agar kita mengetahui tentang kehidupan yang kita lakukan, agar kita tahu dengan alam ini dan agar kita menyadari bahwa sungguh hebat alam semsesta kita ini. Karena di alamiah dasar kita akan mempelajari tentang pengetahuan tentang konsep-konsep dasar yang ada di dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi. Namun, Ilmu Alamiah Dasar bukanlah suatu disiplin ilmu. Untuk lebih lengkapnya, Tujuan kita mempelajari ilmu alamiah dasar adalah sebagai berikut:
1.       Untuk mengetahui perkembangan teknologi dan dampaknya serta hubungannya terhadap kehidupan manusia.
2.       Untuk mengetahui serta mempelajari bagaimana perkembangan kehidupan makhluk hidup dari zaman purba hingga sekarang.
3.       Menganalisis suatu pengalaman melalui fakta-fakta yang ada
4.       Membahas alam dari mulai terciptanya alam semesta hingga sekarang.
5.       Terciptanya pemikiran yang lebih luas terhadap lingkungan dan gejala-gejala yang terjadi dalam masyarakat
6.       Menciptakan generasi yang mampu menganalisa dan memberikan suatu solusi terhadap sebuah permasalahan.
7.       Dapat menjelaskan perkembangan naluri manusia serta alam piker manusia dalam memenuhi kebutuhan rasa ingin tahunya.
8.       Membahas bagaimanai lmu social seperti, sosiologi, geografi, dll bisa terbentuk dilihat dari sisi alamiah.
Untuk mencapai kebenaran, yakni penyesuaian antara pengetahuan dan objeknya, tidaklah terjadi secara kebetulan, tetapi harus menggunakan prosedur atau metode yang tepat, yaitu prosedur atau metode ilmiah (scientific method) .dengan prosedur ilmiah tersebut akan dicapai kebenaran yang merupakan keputusan atas objeknya, dan dirumuskan secara tertentu. Namun, keputusan mengenai keadaan, fisik, tingkah laku dan lainnya tidaklah bersifat khusus melainkan bersifat universal. Jadi kesimpulannya ilmu alamiah dasar penting untuk dipelajari karena itu mencakup tentang alam, dan kehidupan didalamnya serta perkembangan teknologi yang tentunya sangat berguna sekali untuk kehidupan kita sebagai manusia.

    4. Keterkaitan Ilmu Alamiah Dasar dengan Akuntansi Komputer
Akuntansi computer berkaitan erat dengan menghitung angka dan variabel. Hanya saja aplikasi yang di gunakan telah berbasis komputer. Akuntansi, memerlukan pengumpulan dan pengolahan data untuk mendapatkan hasil yang akurat.
Ilmu Alamiah Dasar dapat kita jumpai pada pelajaran/ mata kuliah akuntasi komputer. Dimana Ilmu Alamiah Dasar mencakup Ilmu Pengetahuan Alam dan teknologi. Kaitan akuntansi computer dari segi teknologi,  Akuntansi computer merupakan sarana yang digunakan untuk menghitung, mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi dengan sarana berbasis komputer. Kaitan akuntansi computer dari segi Ilmu Pengetahuan Alam, mencakup ilmu biologi yang di dalamnya terdapat hubungan timbale balik antara manusia dengan manusia lainnya. Ini membuktikan bahwa tidak terlepasnya manusia sebagai makhluk sosial, dimana manusia tidak dapat hidup tanpa manusia lain. Semua hal tersebut membutuhkan suatu proses. Berkaitan dengan hal tersebut, akuntansi pun membutuhkan sebuah proses pengumpulan dan pengolahan data. Jadi dapat di katakan Ilmu Alamiah Dasar dan akuntansi compute rmemiliki keterkaitan.

Source:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar